Pengertian dan Syarat Menjadi Cabin Crew

Pengertian dan Syarat Menjadi Cabin Crew

Cabin crew adalah awak kabin (dalam Bahasa Indonesia) yang mana merupakan staff maskapai penerbangan yang ditugaskan berada di kabin pesawat. Umumnya tugas utama awak kabin pesawat adalah melayani penumpang selama dalam perjalanan.

Istilah lain yang sama dengan awak kabin adalah pramugari. Adapun pramugari merupakan karyawan perusahaan maskapai penerbangan yang mana memiliki tugas utama menjaga keselamatan dan kenyamanan penumpang selama dalam perjalanan berlangsung.

Keberadaan penumpang ini sangat diperlukan terutama bagi penumpang. Tidak jarang dalam satu rute penerbangan terdapat penumpang yang baru pertama kali menggunakan jasa transportasi pesawat terbang.

Baca Juga : Macam Macam Tes Seleksi Pramugari Maskapai Penerbangan Indonesia

Pramugari umumnya akan menandai penumpang yang baru saja pertama kali naik agar tidak terjadi sesuatu yang membahayakan penumpang tersebut dan orang lain disekitarnya.

Untuk menjadi seorang awak kabin pesawat tentu tidak semudah mendaftar langsung diterima. Melainkan perlu beberapa pendidikan ataupun pelatihan yang tidak singkat.

Ada beberapa syarat fisik yang perlu Anda miliki sebelum melamar menjadi awak kabin suatu maskapai perusahaan.

Syarat Fisik Cabin Crew di Indonesia

Jika Anda sangat berniat ingin menjadi awak kabin suatu maskapai pesawat terbang, maka Anda perlu menyiapkan beberapa syarat fisik sebagaimana dibawah:

1. Tinggi Badan Sesuai dengan Aturan Perusahaan

Jika Anda ingin bekerja menjadi karyawan suatu perusahaan maskapai penerbangan, maka pastikan Anda memiliki tinggi badan diatas 162 cm.

Apabila tinggi Anda dibawah standar yang ditetapkan oleh perusahaan maskapai penerbangan, maka Anda tidak akan mendapatkan kesempatan yang terbuka lebar.

Selain daripada tinggi badan yang harus Anda jaga, Anda harus memiliki berat badan agar seideal mungkin. Berat badan yang ideal ini sangat diperlukan bagi Anda sebab seorang pramugari merupakan representasi dari suatu perusahaan maskapai.

2. Tidak Buta Warna

Bagi seorang pramugari maka sudah selayaknya Anda bebas dari penyakit buta warna. Sebab apabila Anda memiliki riwayat buta warna maka Anda akan kesulitan didalam melamar pekerjaan menjadi awak kabin.

Lingkungan pekerjaan pramugari relatif dinamis dengan beragam faktor salah satunya adalah beragam karakter yang dimiliki oleh para penumpang. Anda tidak akan pernah mendapatkan satu rute penerbangan yang sama persis dengan penerbangan lain.

3. Tidak Memiliki Tato dan Luka Permanen

Bagi Anda yang ingin bekerja menjadi seorang pramugari, maka pastikan Anda tidak memiliki tato pada bagian tubuh yang terlihat seperti pada bagian wajah ataupun pada bagian tangan.

Selain tato, pastikan tidak ada luka permanen yang membekas jelas terlihat pada bagian tubuh Anda yang terlihat.

4. Rentang Usia Awak Kabin

Bagi seorang pramugari salah satu hal yang harus Anda ketahui adalah rentang usia dimana Anda bisa mendaftar. Adapun kebijakan perusahaan terkait dengan rentang usia yang harus Anda taati adalah berkisar pada antara 18 tahun hingga 24 tahun.

Baca Juga : Masa Depan Jika Menjadi STAFF Penerbangan Yang Bertugas di Bandara

Usia yang relatif muda ini memang sangat diperlukan bagi setiap orang yang ingin bekerja menjadi seorang pramugari. Sebab pada umumnya usia pensiun profesi seorang pramugari relatif lebih cepat dibandingkan dengan sektor pekerjaan lainnya.

Jadi apakah Anda semakin tertarik mendaftar sebagai awak kabin suatu maskapai penerbangan?

Informasi Sekolah Penerbangan

Bagi kalian yang berminat bekerja di dunia penerbangan, seperti menjadi pramugari, pramugara, ataupun staff penerbangan tidak ada salahnya mengikuti pendidikan di sekolah penerbangan. FAAST Penerbangan merupakan salah satu sekolah penerbangan terbaik yang ada di Indonesia.

FAAST Penerbangan memiliki fasilitas yang memadai, didukung dengan instruktur yang berpengalaman dibidangnya, serta biaya pendidikan yang terjangkau membuat sekolah ini menjadi sekolah penerbangan yang wajib kalian pilih. Untuk informasi selengkapnya kalian bisa mengunjungi website FAAST Penerbangan.

Demikian ulasan tentang Pengertian dan Syarat Menjadi Cabin Crew. Semoga dapat bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s